Kamis, 22 Mei 2014

Who is Habits

Assallamualaikum.


Menulis tentu bukan hal yang mudah bagi sebagian orang termasuk gw, jangankan menulis. Membaca kadang angot2an. Bingung apa yang ingin dituangkan, mati kutu pasti.
Meskipun ada yang ingin disampaikan, materinya muter2 disitu2 aja alias sulit berkembang, belum lagi ketika hanya mengandalkan mood & bertemu dengan si malas bisa-bisa bubar tak bersisa. Gw sendiri memilih ngotot tetap menulis meski satu atau dua paragraf  & disimpan di draf. Tapi sedikit-demi sedikit itu harus dikembangkan karena menulis itu menyenangkan, kita bisa menuangkan gagasan yang memenuhi otak & bisa berbuah menjadi karya yang bisa bermanfaat untuk orang lain (Looking forward it).^^ Dan bisa dibaca anak cucu nanti.

How to master your habit by Felix siauw


Satu ketika penyakit malas menyerang & sepertinya gw harus segera mencari obatnya, pergi ke bookstore nyari buku motivasi. Ketemu buku karya felix siauw "how master your habits".
Sederhana, Membaca ulasannya yang mengalir serasa menyingkirkan batu2 dijalanan rasa malas. Mendongkrak lebih dalam pembahasannya tak hanya membangkitkan semangat tapi juga  memberitahu cara bagaimana memanage diri kita untuk tetap melakukan yang terbaik terhadap apapun tanpa paksaan & tanpa beban. Itu yang paling gw harapkan.


Cerita awal yang sangat menampar  ketika berbicara tentang Imam Asy-Syafi'i yang terkenal pada zamannya sebagai pemuda yang fasih membaca Al-Qur'annya yang dibesarkan dalam keadaan yatim mampu mengahafal Al-Qur'an ketika berusia belum genap 7 tahun.Subhanallah.. (merinding)


Apa yg dituangkan mr.felix dalam bukunya tersebut diantarany  mengambil contoh dari pada kehidupannya pribadinya sendiri. Terbayangkan hidup dalam keluarga nonmuslim ketika beliau menjadi seorang mualaf tidak ada yang mengajarkan tentang islam & hanya ingin bisa membaca surat Al fatihah saja tentu sulitnya bukan main. Tapi sang ustadz selalu pergi shalat berjama'ah sehari 5 kali & mendengarkan imam membaca surat Alfatihah hanya dalam waktu kurang dari 1 bulan beliau sudah fasih. Subhanallah,contoh kecil itu bukan juga merupakan keajaiban. Bisa karena terbiasa ''habits'' .



Salah satu adegan ilmu kungfu dalam film "Karate Kid"



Kalau begitu gw sendiri juga punya contoh. Film laga Karate kids yang diperankan oleh jackie chan (mr.han) bersama bocah kecil hitam manis jaden smith (Xiau Dre). Berawal seringnya dibully teman sebayanya yang jago karate, membuat Dre berkeinginan untuk bisa berkarate. Meminta bantuan mr.han yang sudah tua, karena Dre dilatih dengan cara yang menurutnya tidak masuk akal. Kesal, bagaimana tidak dilatih untuk bisa berkarate hanya dengan cara memakai, melepas & menggantungkan jaket selama berbulan2 tidaklah menyenangkan. Merasa tidak dapat ilmu apa2, Dre berniat ingin menyudahinya. Mr han ikut kesal & mulai mencoba memberi perlawanan kecil kepada 
dre agar dia membalas perlawanannya dengan yang selama ini dipelajari. Secara otomatis gerakan refleks memakai, melepas & menggantungkan jaket berguna menangkis lawan. Ya,, is habits.. keren kan!Dan tentunya masih banyak contoh2 kecil lain dikehidupan kita sehari2 yang kita gak sadar harusnya lebih bisa dimanfaatkan untuk perkembangan diri.


Dasarnya segala sesuatu yang ingin kita capai sebenarnya tidak memerlukan perhatian khusus dengan rumus2 tertentu. Hanya terus perlu dilatih secara berulang-ulang dengan sepenuh keyakinan. Siapa sebenarnya si "Habits" Kesimpulannya adalah ;


-Nama saya adalah Habits yang selalu mendampingi kamu.
-Saya bisa menjadi pelayan yang paling rajin atau dianggap beban  yang sangat berat.
-Saya mempunyai kekuatan bagi orang-orang yang layak, tapi saya  juga bisa menghancurkan kamu.
-Saya bisa didayagunakan untuk mendapatkan keuntungan, tapi  memanfaatkan saya untuk kehancuran tidak ada bedanya juga bagi  saya.



"Perhatikan saya, latih saya & saya akan meletakkan dunia dibawah telapak kaki kamu, tidak ada bedanya jika kamu menganggap enteng saya & saya akan menghancurkan kamu. Saya sepenuhnya ada dalam kendali kamu"

"Saya mudah diarahkan untuk itu kamu juga hanya perlu tegas terhadap saya, tunjukkan apa yang ingin kamu capai  & lakukan beberapa pengulangan maka saya akan melakukannya secara otomatis".


Make your life targets, they could, I could you would also be.

boleh tinggalkan komen & terima kasih sudah berkunjung. Insya Allah I'II visit also.


Wassallamualaikum .

Tidak ada komentar: