Sabtu, 23 Maret 2013

Sedekah itu indah

Beda banget rasanya saat kebiasaan yang satu ini tiba2 jarang bahkan tanpa sengaja lupa di laksanakan.
Karena perjalanan dalam rutinitas gw menjemput rezeqi setiap harinya selalu memberi cerita tersendiri, entah kenapa  baru benar2 kurasakan sekarang kehampaan, begitu haus akan rasa berbagi. Setelah 23 tahun 8 bulan  ya segitu lamanya. Ya Rabb semoga engkau mengampuni ke khilafan hambamu ini (^ム^)!hasssimmm


Setiap pagi diantar terik matahari  gw berlari2 mengejar bis, berebut maksa masuk kedalam bis meski penuh sesak gak bisa napas belum lagi polusi, beramacam bau parfum beserta bau badan tak sedap kumpul jadi satu. (>_<) pengap, sumpek, tak jarang bikin mau muntah karena belum sempat perut ini masuk nasi atau cuma sekedar teh hangat buat ganjel perut. Dan belum lagi di dukung krna gw selalu kedapatan berdiri.bisa pingsan berdiri juga deh..


Tapi suasana gak nyaman itu tiba2 berubah jika ada pengamen, dari si adek kecil yg rupa nya akrab dengan debu jalanan, pemuda2 brutal bahkan sampe org tua yg sudah uzur. Biasanya mereka memberi selembar amplop bertuliskan bla bla bla... Atau ada juga yang sudah menyiapkan bungkus permen untuk diisi uang. Meski bernyanyi atau cuma berpantun ngalor ngidul dengan alat musik seadanya Memang sedikit memberi hiburan ketimbang bengong enek gak karuan. Entah sengaja atau tidak pasti selalu ada rasa iba untuk memberinya uang #mungkin panggilan nurani kali yak hehe.. tiba2 nyari receh sisa kembalian atau kalo gak ada kasih yang gedean dikit juga nyesel kok..


Yang gw rasakan setelahnya, gak jarang bikin senyum2 sendiri. Apalagi kalo pake ucapan ''terima kasih kakak, terima kasih de.. !'' Terus gw balas dengan senyum :)
Thats my daily activity selama 3 tahun yg lalu. Karna jakarta tambah macet, bis yang jadwalnya makin gak disiplin merubah segalany karena macet dimana2. Sekarang mutusin bawa kendaraan sendiri supaya lebih efektif juga.


''bersedekahlah kamu meski hanya sebesar  biji kurma''




Terus gimana caranya sedekah dijalan kalo bawa kendaraan sendiri? Selalu ada jalan menuju kebaikan.
Pagi itu gw melewati underpass, berdiri disitu sambil megang sapu si bapak tua tampak kurang bersemangat dengan lakonnya. Sesekali menyapu, sambil melihat ke arah pengendara & seperti  ada  yang  dipikirkan. Perawakannya kurus, pake seragam orangenya kaya kebesaran, wajah ny tu belang2 kaya korban kebakaran . (>_<) liatnya gak tega. "Apa yg dipikir bapak tua itu kenapa pandangannya meng iba" 


Yak ampun bagaimana kalau terjadi kecelakaan menimpa dirinya seperti pengendara yang gak bertanggung jawab , mgkin gaji gak seberapa tapi resikony lebih besar & nyawa pun jadi taruhan. Naudzubillah, semoga  tidak  akan  pernah  terjadi  apa2 dengannya.


Keesokan  harinya mau berangkat kerjaaku  berpikir  gimana  kalo  aku bawain dia teh hangat & kue2 kecil buat sarapan, krn mgkin si bapak tua blm sempat sarapan dirumahny. Pagi2 buta harus sudah ada dikolong underpass. Akh, tapi nanti takut gak dimakan kan si bapak gak kenal aku bisa az dia pikir makanan ada racunnya.. (>_<)


Sudah beberapa kali lewat gw mau meyakinkan dulu gimana caranya.krn posisi saat bapak tua itu bekerja agak sulit karena terlalu curam pas banget turunan. Kalo aku berhenti ditempat dia sedang bekerja bisa2 diklakson pengendara lain dibelakang. Hmmm..   akhirnya kuputuskan untuk memberi uang terbungkus amplop meski jumlahnya  gak  banyak & insya allah berkah . 


Dari rumah udah deg2an takut gagal, gw berangkat lebih awal dari biasanya supaya belum bnyak kendraan yg lalu lalang .Dengan mengucap bismillah setelah hampir sampai dari kejauhan gw udah pasang lampu sein supaya kendaraan dibelakangku menghindar. Gw gak sampe turun si cuma manggil si bapak tua, & kayanya dia ngrti aku mau ngasih sesuatu. Yang bikin miris bin gak tega dia berlari-lari kecil sambil megang sapu kaya anak kecil mau dikasih permen. Gw gak berlama2 takut ganggu kerjanya gw cuma bilang ''sedikit rezeqi ya pak'' si bapak meng iya sambil nunduk. Gw langsung tancap gas.Alhamdulillah .. .



Tulisan ini buat bukan untuk pamer, hanya membagi pengalaman & saling mengingatkan dalam kebaikan. Semoga bermanfaat, yang keliru boleh ditegur yang baik silahkan ambil hikmahnya.
Terima kasih sudah baca ^^

2 komentar:

Ən Yeni Mahnı Sözləri 2 mengatakan...

iya mbak, tulisannya malah kasih inspirasi dan bikin sadar diri...

kalau bersedekah itu memang bikin adem di hati mbak, bisa sampe besok tuh terasa dihati, bawaannya abhagia banget...

Titin kartini mengatakan...

:) alhamdulillah bisa berbagi..

selalu ada jalan untuk kebaikan.

terima kasih mau mampir wal ^^